Wednesday 29 February 2012

MASTER CHIEF ITU JUSTTO

 " Hufftttt, gua benci hari minggu!!", uringku dalam hati.Kenapa?, aneh ya?. sebenarnya sih tidak benci setiap hari minggu, cuma kadang-kadang saja. seperti hari ini, uang tidak punya, pacar pun tak ada!. teman?, sebagaian ada yang lembur, sebagaian lagi sudah kabur sedari subuh tadi. jadi deh asrama berlantai tiga ini aku jajah sendiri. 

Bosan!, dari pagi mondar-mandir, naik turun ranjang, mau makan pun tak selera, apalagi mandi....bukan kenapa-kenapa sih bro, gua bantuin Boss gua dalam rangka hemat energi gitu...jadi jangan pikir gua jorok ya. 
Huhhh...ternyata berlama-lama menjajah kamar teman itu tidak enak ya?, "kapan gua bisa beli ginian...", ucap gua penuh keharuan sambil ngelus-elus note book teman gua. 
'Bangun lagi, tidur lagi.....bangun...tidur lagi.....", gua putar deh lagu Mbah Surip untuk lebih menghidupkan suasana, "pas banget Mbah....", senyum gua.... 

Jam telah melaju sampai angka empat, aihh...akhirnya perut ini protes juga. minta jatah yang memang dari pagi belum gua kasih. 
Tapi......makan apa ya?, secara hari ini Boss ga kasih jatah pientang, dan lagi anak-anak pun ga ada yang masak. 
'Ehmm...makan...ga....makan...ga.....laperrrrrr!!", yahh...hitungan jari gua jatuh di kata lapar tuh. 
Masak apa ya yang kira cepat dan lezat?, masa makan mi instan lagi?, bikin sayur lah!, semangat! 
Akhirnya dengan semangat kelaparan gua turun ke dapur, gua tarik pintu kulkas dengan selembut mungkin, berharap begitu pintu terbuka di dalamnya sudah tersedia makanan yang siap menuntaskan rasa lapar gua. 
Trala..lalaaaa.....,pintu terbuka dan adakadabra....rak kosong!, "mati gua!'..... 
Gua buka rak paling bawah, yup....tahu, tempe(cuma separo), dan teri. 

      Mau tak mau gua harus masak, secara perut ini terus memaki-maki karena ga kuat nahan lapar. Ilmu terawang, akhirnya gua pun keluarkan ilmu menerawang, mengira dan men-tang-ting-tung di mana ada untung, kira-kira mau bikin dan kasih bumbu seperti apa masakan ini. 
"Chief juna....bantuin gua dong", coba-coba panggil chief juna, siapa tahu atas berkat ratmat TUHAN YANG MAHA ESA chief juna mau datang dan bantuin gua. 

     "Semangat", gua harus bisa!.  
Jadi deh gua merapal ilmu kedua, namanya 'Ilmu Chief Juna Merasuk Tubuh'. gua bayangin aja kalau gua adalah Chief Master Juna, yang tengah beraksi di dapur Grand Hyatt.  gua keluarkan semua bumbu-bumbu yang ada di meja dapur, ciatt..ciatt......cabai, bawang, dan...(gua ga bisa bedain antara merica dan jenis satunya lagi, hikss..hiksss....). dengan gaya bangau mematuk ikan gua ulek deh tuh bahan-bahan sampai halus, lalu aku goreng ( yang dalam bahasa masak-memasak di sebut menumis kali ya?). samil nunggu bahan tadi jadi wangi, gua potong-potong tahu dan tempe dengan ukuran type 21. 


     "Tuing...tuing.....tuing..", jiah, ini hape ga tahu orang lagi sibuk ya?!. nada sms gua berbunyi, langsung aja gua buka..."Aa' kok ga telepon taw? adek kangen nih.....". brakkk......hancur dah muka gua, mana tadi dah bilang ga punya pacar segala......!. 
"Hallo yank.....sorry ya Aa' baru bangun neh (bagi cewek-cewek jangan mudah percaya ya kalau cowoknya bilang baru bangun tidur!)". Bla...balaaa..blaaa.....,  jadi deh ber-say hello dulu dengan yayank. 
"Waaa........!!!!", gosong dah bumbu gua. "Yank, udahan dulu ya....gosong neh,muachh...muahhh....." tutt..tuttt...tuttttt......., gua langsung tutup telepon dan angkat bumbu gua yang sudah berwarna kuning kehitaman, eh salah, hitam kekuningan!. 

       Gua campur semua bahan dan bumbu yang telah gua poles sedemikian rupa, gua tongkrongin dengan setia di dekat kompor, sampai air kuahnya benar-benar meendidih. 
"Melelahkan!, nyebelin!!", huhh...,ternyata memasak tuh ga sesedap rasanya. gua jadi merasa bersalah sama orang-orang yang selama ini memasak buat gua, gua sering ga habisin makanan, sering bilang masakannya ga enak lah, ga sesuai selera lah. 
Ternyata memasak itu satu pekerjaan mulia yang melelahkan, dan gua berjanji mulai hari ini gua akan selalu habisin makanan dan tak akan menyia-nyiakan semua makanan. 

      Teretettt.....masakan gua kayak dah matang nih....,sebelum gua matiin kompor, gua coba icipin dulu tuh sayur, ambil sesendok dan....."biuhhhhh...puanassss!!!!", sebodo amat lah, anggap aja rasanya pas, pas saat lapar, pas saat ga ada makanan lain. 
Satu kwali sedang, dengan air yang hampir tumpah karena kebanyakan, dan isinya? beberapa iris tahu dan tempe yang ukurannya mini dan imut-imut. 
"Hahh,di kasih nama apaan ya masakan gua ini?", gua garuk-garuk kepala (pura-pura pusing aja,biar ada gregetnya gitu...), yup.....sayur tahu MARITIM, kayaknya cocok deh sama keadaan sayur hasil dari adikarya Chief justto kali ini. coba bayangin aja tentara angkatan laut yang jumlahnya suma beberapa biji pada asyik berenang di lautan, sama persis kayak sayur gua, tahu dan tempe yang cuma beberapa potong dengan air satu kwali penuh. 
Dan akhirnya, Alhamdulillah....jadi deh makan nasi hari ini, dengan sayur yang super nikmat (mau tahu rahasianya kenapa sayur gua bisa jadi nikmat? rahasianya adalah saat makan gua sambil ngebayangin lagi makan sate...). 
Tapi,apapun dan bagaimana keadaannya ini adalah karya gua, dan gua harus bangga, karena menurut gua sesuatu itu tidak akan pernah kita tahu dan bisa selama kita ga pernah mencobanya, bener ga bro? 


       Dengan senyum penuh kemenangan, gua pun naik kembali ke kamar, kembali menjajah kamar teman gua...hahaa.....dan...kenyang!>



 ·  · Share

0 comments:

Post a Comment